Kadirejo merupakan sebuah desa di kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang dengan keseluruhan luas wilayahnya adalah 333 ha, secara administratif terdiri 8 dusun, 8 RW, dan 24 RT.Desa Kadirejo diuntungkan secara geografis mengingat posisinya yang strategis terletak diantara jalur penghubung desa-desa di Kecamatan Bringin dan Bancak menuju Kota Salatiga. Posisi strategis tersebut merupakan kekuatan yang dapat dijadikan sebagai modal pembangunan desa.

Penduduk

Jumlak KK yang ada di Desa Kadirejo keseluruhan sebanyak 913, dengan rinciannya adalah jumlah penduduk sebanyak 3106 jiwa, jumlah penduduk laki-laki sebanyak 1546, dan penduduk perempuan sebanyak  1560 jiwa.

  • Topografi

Ketinggian wilayah Desa Kadirejo berada pada kisaran 459 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan ketinggian terendah berada di Dusun Wonolelo dan tertinggi di Dusun Gelangan. Berdasarkan tingkat kelandaiannya wilayah Desa Kadirejo dapat diklasifikasikan ke dalam empat kelompok, yaitu meliputi wilayah datar (kemiringan 0-20) sebesar 218 Hektar; wilayah bergelombang (kemiringan 2-150) sebesar 78.5 Hektar; wilayah curam (kemiringan 15-400) sebesar 24.5 Hektar; dan wilayah sangat curam (kemiringan >400) sebesar 12 Hektar.

  • Batas Administrasi

Secara administratif letak geografis Desa Kadirejo dibatasi oleh 6 Desa pada sisi-sisinya. Disisi barat berbatasan dengan Desa Giling, disisi selatan berbatasan dengan Desa Glawan dan Desa Bejaten, sementara disisi timur dengan Desa Semowo dan sebelah utara berbatasan dengan Desa Truko Kecamatan Bringin.

  • Orbitasi Wilayah

Orbitasi Wilayah Desa Kadirejo ke ibukota kec.-+berjarak 6 km, dengan jarak tempuh 10 menit dengan kendaraan bermotor. Sedang jarak ke ibukota kab. -+ berjarak 50 km dengan jarak tempuh 1 jam dengan kendaraan bermotor. Dan jarak ke ibukota propinsi -+75 km,dengan jarak tempuh 2 jam dengan kendaraan bermotor.

Advertisements